Partners


Avenged Sevenfold - Demons

Avenged sevenfold - Demons

Powered by mp3skull.com

Tips SEO, Mengupas Tuntas Kelebihan, Kekurangan KOD dan Brandable Domain

Setelah saya lihat-lihat arsip blog Welcome To Eross, saya baru sadar bahwa saya jarang sekali update post tentang SEO (Search Engine Optimization). Baiklah untuk menambah arsip seo blog ini, saya akan mulai post dasar seo yang pertama, yaitu 2 Macam Teknik Pemilihan Domain yang biasa dilakukan para webmaster, yang akan saya bahas pada artikel Pemahaman, Kelebihan, serta Kekurangan Keyword On Domain dan Brandable Domain ini.

Perlu diperhatikan penjelasan ini adalah dengan berdasarkan apa yang saya pikirkan (opini), jadi jika sobat punya pendapat lain atau ingin menambahkan penjelasan silahkan, kotak komentar terbuka lebar untuk sobat :)

Keyword On Domain dan Brandable Domain itu

Saya harap sobat sekalian gak bosen ya dengerin celotehan saya yang panjang kali lebar kali tinggi ini Hahaha. Baiklah langsung saja ke topiknya, Apa sih Keyword On Domain dan Brandable Domain itu?

1. Pengertian Keyword On Domain
Keyword on Domain atau yang biasa disingkat dengan KOD adalah teknik pemilihan domain dengan memasukkan atau menjadikan keyword atau Niche blog atau website yang akan kita garap (kaya petani aja hehe). Misalnya ada seorang blogger yang ingin membuat blog dengan niche "Tata Cara Berternak" lalu blogger tersebut menggunakan domain www.cara-berternak.com atau cara-berternak.blogspot.com binilah yang disebut Keyword On Domain (KOD).

2. Pengertian Brandable Domain
Brandable Domain adalah teknik penggunaan domain dengan menciptakan merek (brand) baru atau mempunyai ciri khas tersendiri dan biasanya para pengguna brandable domain adalah blog yang mempunyai niche / tema campuran, contohnya saja bisa kita lihat detik.com atau blog andi-techno.blogspot.com itu adalah salah satu salah dua Brandable Domain.

Selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan Keyword On Domain dan Brandable Domain

1. Kelebihan dan Kekurangan Keyword on Domain
Kelebihan penggunaan keyword on domain pada blog adalah kita tidak perlu begitu pusing dengan yang namanya optimasi seo tingkat lanjut, hanya dengan menggunakan judul dan deskripsi blog sesuai dengan niche ditambah membuat judul artikel yang bagus namun tetap sesuai dengan keyword saja sudah bisa membawa blog kita berada di halaman pertama google.
Kalau masih bingung, baiklah akan saya beri contoh, misalnya kamu membuat posting berjudul "Cara Berternak Sapi yang Baik dan Benar" di blog kamu yang berdomain www.cara-berternak.com, dan ada blogger lain yang membuat posting yang hampir mirip judulnya dengan judul posting kamu, tetapi mereka hanya menggunakan brandable domain misalnya www.andi-techno.com, nah jika kamu dan blogger tersebut sama-sama tidak melakukan optimasi seo maka kita sudah bisa memastikan bahwa blog kamu dengan domain www.cara-berternak.com lah yang nantinya akan berada diposisi pertama google dibandingkan dengan blog www.andi-techno.com tersebut.

Eits jangan seneng dulu, Keyword On Domain juga mempunyai kelemahan lho. Kelemahan blog dengan Keyword On Domain adalah terbatasnya jenis artikel yang dapat di publish ke blog tersebut. Saya contohkan misalnya sekarang berita yang sedang hangat adalah Artis yang terlibat Narkoba, jika kamu  membuat artikel dengan topik artis terlibat narkoba tersebut maka akan sangat berguna unuk mendatangkan visitor, secara ini adalah hot topik yang sangat dicari pengguna search engine, tapi coba kamu pikir-pikir lagi apa pantas blog dengan domain www.cara-berternak.com memposting artikel berjudul Artis Terlibat Narkoba di Penjara 5 Tahun?? Sungguh aneh ini dan keluar dari niche / tema awal blog.

Belum bosen kan sob? Lanjut yuk :D

2. Kelebihan dan Kekurangan Brandable Domain
Kelebihan blog yang menggunakan brandable domain adalah lebih luasnya topik yang dapat diposting kedalam blog tersebut, dan tentu saja posting pada blog tersebut lebih luwes mengikuti hot topik. Biasanya blog yang menggunakan brandable domain cenderung mendapatkan banyak visitor dari keyword musiman. Misalnya saat ini sedang musim berita artis terjerat narkoba maka kita bisa langsung membuat topik tersebut menjadi posting berjudul Artis Andi Techno Ditangkap Karena Narkoba, dijamin deh selama seminggu blog kamu bakal kedatangan pengunjung terus dari artikel tersebut, dan kalau udah gak musim lagi ya kita tinggal cari hot topik lain lagi yang lagi musim terus jadiin posting lagi deh :D.

Kelemahan blog dengan brandable domain yaitu seringkali blog ini sering tersingkirkan oleh blog dengan keyword on domain. Misalnya blog brandable domain kamu telah posting artikel berjudul Artis Welcome To Eross Ditangkap Karena Narkoba eh tau-tau ada blog lain ngepost dengan judul Artis Welcome To Eross Ditangkap Karena Narkoba juga dengan menggunakan keyword on domain seperti www.beritahot-artis.com, tentu saja pengunjung lebih memilih untuk nge-klik artikel dari blog www.beritahot-artis.com ketimbang ngeklik post kamu walaupun posisi blog kamu disearch engine berdekatan dengan blog beritahot-artis.com. Jadi saran saya buat para pemilik brandable domain, selalu waspadalah kepada blog keyword on domain dalam menulis artikel, kecuali ilmu seo kamu sudah mumpuni untuk menumbangkan KOD tersebut hehehe.


Lalu sebaiknya kita menggunakan Keyword On Domain atau Brandable Domain?

Dua-dua nya sama aja bagi saya, baik KOD maupun Brandable domain sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi sekarang ini tergantung dari kreativitas dan kerja kalias kita masing-masing, kalau saya sendiri sih udah nyobain bikin blog dengan Keyword On Domain maupun Brandable Domain ^^

Posting Komentar - Back to Content

Luangkanlah Sedikit Waktu Sobat Untuk Memperindah Blog Ini Dengan Berkomentar,, (^_^)

PERINGATAN,,!!!
Bagi Sobat Yang ingin berkomentar, mohon sesuaikan dengan tema pada postingan, dan saya mohon untuk tidak mencantumkan link (URL) pada komentar karena akan saya anggap spam dan mohon maaf apabila saya hapus komentar Sobat,,!!!